Mau Usaha Bakso? Ini Cara Buat 100 Bakso Modal Rp. 50.000,-!

Mau Usaha Bakso? Ini Cara Buat 100 Bakso Modal Rp. 50.000,-!

Bisnis kuliner tentunya merupakan kesempatan yang sangat konsisten. Jika kamu berjiwa wirausaha, tentunya usaha menjual makanan siap saji dalam bentuk warung rumahan, atau restoran sederhana bisa jadi pilihan untuk merintis bisnis yang lebih besar kedepannya.

Satu menu yang sering menjadi favorit masyarakat Indonesia dari berbagai daerah di Indonesia adalah bakso. Santapan daging bulat yang disajikan dengan kuah merupakan kuliner nyaris selalu ada di mana saja serta tentunya mudah dibuat dan murah di kantong pelanggan.

Kamu juga bisa membuat hidangan bakso untuk acara yang lumayan besar. Misalnya ada kegiatan menjamu cukup banyak tamu di rumah, atau untuk resepsi pernikahan sederhana. Menu bakso merupakan makanan sejuta umat yang bisa masuk ke selera umum.

Cara Membuat Bakso Dengan Modal Lima Puluh Ribu

Persiapan bahan yang bisa kamu temukan di pasar lokal, atau minimarket terdekat. Beberapa bahan yang perlu kamu ketahui untuk membuat bakso seperti berikut :

1.      Memilih Daging

Warna dari daging yang sangat segar masih memiliki warna merah atau merah muda. Semakin pucat atau putih, maka bisa dipastikan ia lebih tua atau bahkan merupakan ayam tiren.

Kamu bisa mencari dada ayam dengan berat 250 gram. Apabila kamu memang ingin menyiapkan bakso untuk banyak orang, maka cari ayam yang bagian dagingnya paling besar. Ini karena kita akan butuh banyak daging untuk isi bakso.

2.      Memilih Telur

Selanjutnya, siapkan juga satu atau dua butir telur ayam. Telur ini akan berfungsi sebagai penyedap untuk daging tersebut. Telur juga baik untuk tubuh karena memberikan asupan protein yang diperlukan untuk beraktivitas.

3.      Kenapa Pilih Tepung Kanji

Siapkan juga tepung kanji. Kami lebih merekomendasikan tepung kanji daripada tepung kentang dikarenakan ia lebih kental dan lebih lezat – cocok untuk selera orang Indonesia dibandingkan dengan tepung kentang yang lebih cair.

Tepung kanji terbuat dari umbi atau singkong yang dihancurkan. Ia bisa menggantikan tepung maizena untuk digunakan sebagai pengental yang akan membuat bakso semakin bercitarasa enak dan gurih di kuahnya juga.

Detail Bahan-bahan yang Perlu Disiapkan

  • Daging pilihan 250 gram – siap cincang, siap masak
  • Telur Ayam 1 butir (2 jika perlu)
  • Tepung kanji seukuran 5 sendok makan
  • Bahan merica dan garam secukupnya,
  • Tepung merk brand Swallow 1 bungkus,
  • Bawang putih 2 siung goreng,
  • Es batu 8,dibentuk menjadi balok kecil,
  • Baking powder sedikit (ujung sendok teh)

Tips dan Panduan Memasak

Mengenai daging, anda bisa menyesuaikannya dengan selera anda. Misalnya, anda bisa menggunakan daging sapi untuk alternatif. Mungkin untuk teman-teman yang non-muslim juga bisa menggunakan daging babi (non-halal) untuk bereksperimen.

1.      Olahan Daging

Cara Membuat Bakso Daging kita dimulai dari mengolah daging menjadi siap matang. Cincang daging pilihan anda untuk membuat potongan kecil dan satukan mereka dii satu tempat. Haluskan mereka hingga terasa mudah dibentuk.

Haluskan, dan satukan seluruh daging tersebut bersama es batu, merica, bawang putih goreng ke dalam blender atau uleg. Kami lebih merekomendasikan blender dahulu untuk memastikan bahwa seluruh komposisi tercampur dengan baik.

Setelah mereka tercampur dengan baik, masukkan tepung kanji – berikan mereka garam yang secukupnya. Ini akan membuat mereka mengental dan menambah citarasa asin yang populer dalam sajian bakso.

2.      Mengolah Adonan

Setelah adonan menunjukkan bentuk kental, dan juga apabila rasanya sudah tercampur rata – letakkan mereka ke dalam plastik atau piring untuk didinginkan selama dua sampai tiga jam.

Sambil menunggu, didihkan air di dalam panci. Apabila sudah matang, matikan dan kita fokus kembali ke adonan. Bentuk adonan tersebut menjadi bakso bulat dan apabila sudah cukup, masukkan adonan ke dalam air panas.

Lakukan ini beberapa kali, atau setidaknya tunggu sampai adonan memiliki tekstur yang kuat dan daging menjadi terapung. Selalu tunggu hingga adonan bakso terapung dan siap untuk disajikan karena bila tidak – bakso belum matang.

Alternatifnya, apabila anda ingin berjualan – anda bisa menyimpan dahulu adonan-adonan daging tersebut ke dalam kulkas atau tempat penyimpanan. Ingat bahwa adonan mudah basi apabila tidak diletakkan dengan benar.

Pokoknya, adonan merupakan proses final dari pembuatan bahan bakso. Anda bisa mengolah daging tersebut menjadi bakso dengan merebusnya kapan saja. Perkiraan kami dari pengalaman, bahan bakso bisa tahan dua hingga tiga hari di kulkas.

3.      Sajikan Bakso

Sajikan bakso yang sudah matang dengan kuah yang bercitarasa, ataupun bisa juga dengan berbagai pelengkap lain. Misalnya, beberapa sajian bakso menggunakan keju, atau mozarella, dan berbagai pelengkap lainnya.

Sajian kuliner bakso ini memang terbuka untuk kreativitas anda. Tentu bahan tambahan diperlukan, namun untuk membuat baksonya sendiri dengan kuantitas mencapai seratus, bisa dibuat dengan modal lima puluh ribu saja.

Itulah tips dan cara singkat untuk membuat bakso banyak dengan modal lima puluh ribu. Anda mungkin mau membayar lebih untuk bisa membuat lebih banyak bakso atau menyediakan pelengkap sajian. Namun cara kami bisa efektif membantu anda menyiapkan dasar hidangan bakso yang lezat.


Leave a Reply

Your email address will not be published.