Cara Mudah Membersihkan Karburator Vespa Tahun Tua

Cara Mudah Membersihkan Karburator Vespa Tahun Tua

Perhatian yang ekstra tentunya sangat dibutuhkan untuk merawat kendaraan yang sudah tua atau berumur. Hal ini berguna supaya kenyamanan dan performa tetap terjaga. Meskipun, usianya dapat dibilang sudah tak muda lagi, kenyamanan harus dinomorsatukan.

Perlu diketahui, bahwasanya karburator adalah bagian penting dalam kendaraan. Apabila karburator kotor dan kurang dalam perawatan bisa menyebabkan kurangnya fungsi dari karburator tersebut. Tentunya hal ini akan sangat berpengaruh pada kenyamanan dan performa suatu kendaraan.

Jika diibaratkan, karburator adalah jantungnya kendaraan. Menservis atau membersihkan karburator secara rutin adalah sebuah keharusan. Karburator yang rutin dirawat dapat berfungsi secara normal dan tampak bersih.

Merawatnya sendiri tidak perlu repot-repot ke bengkel, kamu bisa merawat karburator di rumah. Hal ini juga bisa menambah wawasan kamu tentang karburator dan tentunya tidak banyak uang yang dikeluarkan. Bagaimana, siap untuk merawat karburator supaya tetap aman dan nyaman?

Membersihkan Karburator Vespa Tahun Tua dengan Mudah

Hal yang menyebabkan performa pada vespa terasa kurang maksimal atau kurang performanya tentunya banyak. Bisa dari rusaknya pengapian, kondisi vespa, karburator, dan yang lainnya. Kamu bisa mengeceknya sendiri.

Bagi yang belum pernah melakukan pembersihan karburator vespa di rumah, kamu bisa membaca artikel ini. Sebagai panduan, artikel ini bisa kamu baca, pahami, dan praktekan di rumah. Berikut adalah cara mudah membersihkan karburator vespa tahun tua:

1. Lepaskan terlebih dahulu karburator dari tempatnya

Pertama, kalian harus mengenal terlebih dahulu tempat karburator vespa yang dikenal dengan sebutan mangkuk. Kamu, bisa memulainya dengan membuka tutup mangkuk karburator. Caranya adalah dengan menggunakan obeng.

Lepaskan filter karburator ketika tutup sudah terbuka, dengan menggunakan obeng. Berikutnya, barulah lepaskan karburator dari tempatnya dengan menggunakan kunci T. Biasanya ukuran sebelas yang berguna untuk melepaskan dua buah mur yang ada di dalamnya.

Jangan lupa, kamu juga perlu melepas selang bensin dan nepel sur gas. Caranya sama seperti awal, yaitu menggunakan obeng. Apabila semua sudah dilakukan, selanjutnya angkat karburator dari tempatnya.

2. Mulai membongkar bagian-bagian dari karburator

Bagian dari karburator mulai dilepaskan, dimulai dari spuyer, lanjut deksel, jarum stasioner, jarum angin, jarum pelampung, pelampung, lidah skep, beserta bagian lain. Lakukan dengan cara membongkar guna pembersihan karburatos menjadi lebih mudah dan maksimal.

3. Lanjut membersihkan bagian-bagian karburator

Berbagai cara bisa dilakukan untuk membersihkan karburator vespa. Kamu bisa menggunakan carbu cleaner yang dapat dibeli di toko onderdil kendaraan. Harganya cukup murah hanya kisaran Rp20 – Rp30 ribu saja. Penggunaannya juga tidak ribet alias mudah.

Semprotkan carbu cleaner pada lubang-lubang yang terdapat pada karbu dan bagian lainnya. Kotoran yang berada dalam karburator nantinya akan hilang. Apabila tidak ingin mengeluarkan uang, maka bisa melakukan cara lain, yaitu merebusnya dengan air yang mendidih.

4. Pasangkan kembali karburator

Apabila tiga cara di atas telah berhasil dilakukan, maka selanjutnya adalah pemasangan ulang karburator. Pemasangannya cukup mudah, satukan kembali bagian-bagian dari karburator tersebut, lalu pasang karburator ke mangkuknya. Selang bensin dan sulur gas juga dipasang kembali, nantinya tinggal mensetting kembali setelan angin dari karburator tersebut.

Cara Mensetting Setelan Angin Karburator Vespa Tahun Tua dengan Cepat dan Mudah

Mensetting setelan angin karburator vespa tentunya jangan asal-asalan. Apabila kurang pas maka akan membuat performanya menjadi kurang maksimal. Berikut adalah cara mensetting setelan angin karburator vespa tahun tua dengan cepat dan mudah:

1.  Panaskan mesin terlebih dahulu

Tujuannya adalah untuk menjadikan mesin dalam kondisi prima, bagaimanapun keadaannya. Apabila dalam keadaan dingin, lalu karbu disetting, ketika karbu panas kemungkinan besar putaran mesinnya menjadi lebih tinggi. Jangan biasakan memanaskan motor dalam keadaan dua tak atau stroke.

2.  Gas harus diposisikan pada putaran tinggi

Pertama, kamu bisa menarik handle gas dengan menggunakan satu tangan. Lakukan hingga dirasa mencapai rpm yang cukup tinggi, tangan satunya gunakan untuk mengatur jarum angin. Kedua, bisa dengan memutar jarum stasioner searah jarum jam hingga dirasa rpm gasnya meninggi.

3. Putarlah jarum angin ke arah kanan

Letak jarum setelan angin berada di belakang mangkuk karburator. Perhatikan, di sisi belakang atau bawah terdapat lubang kecil. Lubang itu merupakan tempat untuk setting jarum angin pada karburator vespa.

Putarlah jarum angin ke arah kanan sembari gas dalam posisi tinggi. Dengarkanlah suara mesin memelan dan hampir mati, apabila sudah ditemukan putar kembali jarum setelah ke arah yang sebaliknya hingga menemukan suara melengking tinggi. Hal itu merupakan pencampuran kondisi bensin sudah pas.

4. Mengatur jarum stasioner

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah mengatur jarum stasioner yang terdapat dalam karburator. Hal ini dilakukan untuk membuat gas menjadi pas atau langsam, hingga terlalu tinggi atau rendah. Apabila semua langkah telah dicoba, maka kamu giliran merasakan perbedaannya.

Tidak ada salahnya mencoba untuk pertama kali. Namun, alangkah baiknya kamu juga mengajak teman yang mengerti dan mintalah bantuan. Hal ini berguna supaya tidak terjadi kerusakan, mengingat kamu perdana. Kamu dapat belajar darinya dan tidak perlu ke bengkel.

Apabila kamu ingin paham terkait keseluruhan vespa, maka harus belajar. Pelajari lebih dalam dan praktekkan. Mempraktekkan adalah cara terbaik supaya tidak mudah lupa dan keterampilanmu semakin terasah.


Leave a Reply

Your email address will not be published.